Header Ads

Breaking News
recent

BAGIAN-BAGIAN MULUT (RIMA ORIS) SERTA KEGUNAANNYA






KETERANGAN :

-          GIGI
Adalah bagian keras yang terdapat di dalam mulut dari banyak vertebrata. Mereka memiliki struktur yang bervariasi yang memungkinkan mereka untuk melakukan banyak tugas. Fungsi utama dari gigi adalah untuk merobek dan mengunyah makanan
-         
           GUSI
Berfungsi untuk melindungi gigi dan sebagai fondasi gigi agar tidak mudah goyang. Gusi terdiri dari jaringan mukosa yang menutupi tulang maksila dan mandibula di dalam rongga mulut
.
-          LANGIT-LANGIT LUNAK
Langit-langit lunak (juga dikenal sebagai velum atau langit-langit otot) adalah jaringan lunak di bagian belakang atap mulut. Langit-langit lunak dibedakan dari langit-langit keras di depan mulut karena tidak mengandung tulang.
 
-          LANGIT-LANGIT KERAS
Langit-langit keras adalah pelat tulang tengkorak yang tipis dan berbentuk horizontal, terletak di atap mulut. Hal ini dibentuk oleh proses palatine rahang atas dan plat horizontal tulang palatina, dan bentang lengkungan dibentuk oleh gigi atas.

-          AMANDEL
adalah bagian dari sistem kelenjar getah bening yang berada pada sisi kiri dan kanan bagian belakang rongga mulut. Seperti kelenjar getah bening lainnya, amandel adalah bagian dari sistem kekebalan yang menjaga tubuh manusia dari infeksi, khususnya infeksi saluran napas atas dan faring.

-          LIDAH
Lidah adalah kumpulan otot rangka pada bagian lantai mulut yang dapat membantu pencernaan makanan dengan mengunyah dan menelan. Lidah dikenal sebagai indera pengecap yang banyak memiliki struktur tunas pengecap. Lidah juga turut membantu dalam tindakan bicara.Juga membantu membolak balik makanan dalam mulut.

-          ANAK LIDAH
Anak lidah adalah proyeksi kerucut dari tepi posterior dari tengah langit-langit lunak, terdiri dari jaringan ikat yang berisi sejumlah kelenjar racemose , dan beberapa serat otot. Anak Lidah (UVULA) juga berisi sejumlah besar kelenjar serous yang menghasilkan banyak air liur tipis. 
 
-          BIBIR
Bibir adalah bagian tubuh yang terlihat di mulut manusia maupun pada beberapa binatang. Bibir yang lembut, bergerak, dan berfungsi sebagai pembukaan untuk asupan makanan dan dalam artikulasi suara dan bicara. Bibir manusia adalah organ indra sentuhan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.