Header Ads

Breaking News
recent

BAGIAN LUAR MATA SERTA PENGERTIAN DA KEGUNAANYA


 

BAGIAN LUAR MATA

-         

            IRIS
Berperan untuk memberikan warna pada bola mata manusia. Pada bagian Iris terdapat pingmen warna, oleh karena itu iris sering disebut selaput pelangi, iris terletak pada bagian depan bola mata. Iris dapat mengkerut dan mengembang, iris berfungsi untuk mengatur pergerakan pupil sesuai dengan intensitas cahaya yang masuk.

-          PUPIL
Pupil adalah bagian lubang yang terdapat pada bagian tengah iris yang berfungsi untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk ke mata. Pupil akan melebar apabila sedikit cahaya yang masuk ke mata (dalam keadaan semakin gelap) , dan akan mengecil apabila banyak cahaya yang masuk ke mata (dalam keadaan semakin terang). Proses membesar dan mengecilnya Pupil berguna agar cahaya yang masuk tidak berlebihan dan tidak terlalu sedikit agar kita tetap dapat melihat dengan baik.

-          KELENJAR AIR MATA (KELENJAR LAKRIMA)
Kelenjar Lakrima merupakan bagian mata yang berfungsi untuk menghasilkan air mata yang akan membasahi kornea, melindungi mata dari kuman, menjaga mata dan kelopak mata bagian dalam agar tetap lembut dan sehat.

-          KONJUNGTIVA
Konjungtiva adalah struktur membran tipis bening yang menutupi bola mata. Konjungtiva meluas ke belakang untuk menutupi sklera dan melipat kedalam hingga ke depan dengan lapisan permukaan bawah dari kelopak mata. Pada batas kelopak mata itu bersambung dengan kulit.

-          KELOPAK MATA (ATAS DAN BAWAH)
Kelopak Mata adalah bagian yang menutupi sebagian mata, dan berfungsi untuk melindungi serta membersihkan mata. Kelopak mata dapat menutup dan membuka. Kelopak mata memiliki gerak refleks untuk berkedip jika terjadi sesuatu, misalnya ketika intensitas cahaya yang diterima bola mata meningkat secara tiba-tiba.

-          KORNEA
Pada bagian depan sklera terdapat bagian bening yang terlihat cembung. Bagian ini disebut kornea. Kornea berfungsi untuk melindungi lensa mata dan meneruskan cahaya yang masuk ke mata. Kornea selalu dibasahi oleh air mata, tidak memiliki pembuluh darah dan bersifat tembus cahaya.

-          SKLERA
Sklera adalah bagian dinding mata paling luar, bagian ini berwarna putih buram dan bersifat keras karena tersusun oleh jaringan ikat dengan serat yang kuat. Skelara berfungsi untuk membungkus dan melindungi bola mata dari kerusakan

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.